Laut

Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik

Dunia bawah laut memiliki pesona yang begitu beragam, ada begitu banyak biota yang terdapat di dalam lautan. Salah satunya adalah Nudibranch siput laut tanpa busana cangkang tampak seksi dan cantik jika di intip melalui kamera macro. Ukurannya yang mungil sebesar ujung kuku memerlukan lensa khusus untuk mengabadikan pesonanya.

Oktober 2019 lalu saya berlibur ke Pantai Amed, liburan ini terealisasi karena adanya sebuah WAG “sakaw laut”.  WAG ini dibuat pada oktober 2018 dan saya baru menanggapi pada bulan Mei 2019, karena tak kuat menahan insang yang sudah kering kerontang dan notifikasi pembahasan anggota group yang kian membuat sakau, membuat rindu akan dunia bawah laut semakin menggebu. Kalau sudah rindu tak ada obat selain bertemu.  Pantai Amed, berada di  Desa Jemeluk, yang terletak di wilayah Amed, Karangasem, Bali timur. Berjarak 19 kilometer dari kota Amlapura ( ibukota kabupaten ), 12 km dari Tulamben, 33 km dari obyek wisata Candi Dasa dan kurang lebih 78 km dari Denpasar, Jemeluk merupakan salah satu destinasi laut yang dapat dinikmati darat maupun bawah lautnya.

Keindahan dunia bawah laut Pantai Amed merupakan salah satu surga bawah laut yang dimiliki oleh pulau Dewata. Lingkungan pantai dan bawah laut dipelihara dengan baik oleh masyarakat adatnya.  Bermacam-macam biota laut dapat di temui disini. Mulai dari karang meja, sea fan, berbagai macam soft coral, Ikan butterfly fishstone fish, lizard fish, hermit crab, gobi, dan beberapa yang lainnya,  yang dapat ditemukan hanya di kedalaman 4 meter saja. Atau ornate ghost pipefish, yang bisa juga ditemukan di kedalaman 17 meter. Hingebeak shrimp, atau biasa juga disebut juga sebagai udang unta, juga banyak terdapat di kedalaman yang sama dengan ornate ghost pipe fish. Serta makhluk hidup lainnya yang cukup unik seperti Nudibranch dengan mudah dapat ditemukan disini.

Nudibranch siput laut tanpa cangkang

Nudibranch merupakan siput tanpa cangkang yang memiliki warna yang mencolok dan bentuk yang bervariasi. Mempunyai ingsang seperti jambul pada bagian punggung agak kebelakang. Sejauh ini diketahui lebih dari 3000 jenis Nudibranch yang hidup pada perairan dangkal, terumbu karang hingga dasar laut yang gelap dengan kedalaman lebih 700 M. Nudibranch memiliki bentuk bentuk yang unik sehingga mereka diberi nama sesuai dengan warna dan bentuk yang menyerupai yang ada di darat seperti “badut,” “marigold,” “indah,” “penari,” “naga,” atau “kelinci laut. Ada juga yang menyerupai anime sesuai dengan fantasi yang oleh siapa yang menemukan.

Berikut adalah beberapa variasi ukuran dan warna yang dapat sering dijumpai di Pantai Amed:

Phyllidia -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Chromodoris -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Goniobranchus -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik
Phyllidia Chromodoris Goniobranchus
Trichesia sp - Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Gymnodoris Ceylonica -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Mexichromis -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik
Trinchesia Sp Gymnodoris Ceylonica Mexichromis
Cyerce elegans -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Janolus Flavoanulatus -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Favorinus sp -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik
Cyerce Elegans Janolus Flavoanulatus Favorinus Sp
Nembrotha Kubaryana -Trichesia sp - Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Spanish Dancer -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik Spanish Dancer egg -Nudibranch siput laut yang mungil, seksi dan cantik
Nembrotha Kubaryana Spanish Dancer Spanish Dancer Egg

Beberapa hal unik mengenai Nudibranch

Memiliki banyak insang, Berdasarkan bentuknya nudibranch memiliki sesuatu yang mencuat di tubuhnya. Ada yang dikepala ada juga pada seluruh tubuhnya. Sesuatu yang mencuat tersebut adalah insang dari nudibranch. Nudibranch saat menjadi larva memiliki cangkang namun cangkangnya tak bertahan lama sampai menjadi dewasa.

Punya dua kelamin Nudibranch adalah hewan hermaphrodite (memiliki organ reproduksi jantan dan betina sekaligus). Menurut para ilmuwan, dua kelamin dalam satu tubuh ini berfungsi untuk memaksimalkan peluang berkembang biak mereka. Dengan begitu nudibranch bisa kawin dengan individu mana pun yang mereka temui dalam hidupnya. Menariknya, sepasang nudibranch yang hendak kawin biasanya akan bertarung dulu demi menentukan siapa yang akan berperan sebagai jantan dan siapa yang berperan sebagai betina.

Karnivora, bahkan Kanibal, Meskipun tubuhnya amat kecil, lunak dan seperti tidak berdaya, sebagian besar nudibranch sebenarnya merupakan karnivora yang “kejam”. Mereka memakan daging hewan seperti spons, anemon, hydroidteritip, telur siput laut, dan berbagai organisme mikro lain. Nudibranch melumat mangsanya dengan lidah bergerigi tajam yang disebut radula. Beberapa jenis nudibranch juga diketahui melakukan kanibalisme, atau memakan sesama jenisnya.

Lihai “merampok” mangsanya, Nudibranch makan bukan hanya untuk mendapat energi, tapi juga untuk mendapatkan senjata. Ia menyerap racun yang ada di tubuh si mangsa, kemudian menggunakan racun tersebut untuk melindungi diri dari predator. Selain itu nudibranch juga menyerap warna tubuh dari mangsanya. Warna tersebut kemudian digunakan sebagai alat kamuflase dan “dekorasi” bagi tubuhnya sendiri.

Nudibranch ada dimana mana,  Kebanyakan nudibranch hidup di perairan tropis yang hangat dan dangkal. Namun pada dasarnya mereka bisa hidup di berbagai wilayah samudra, bahkan hingga ke perairan Kutub Utara yang sangat dingin. Meski tidak terikat letak geografis, umumnya nudibranch hanya hidup di tempat-tempat yang bisa menyediakan makanan untuk mereka. Oleh karena itu, mahluk mungil, seksi dan cantik ini tidak akan ditemukan di wilayah perairan yang rusak, yang karang-karang yang mati karena pemutihan, ataupun laut yang telah banyak tercemar polusi dari manusia.

Tags
Show More

Reno

Traveler, Backpacker, Animation Lover, Animal's Lovers, Pluviophile, Nyctophilia,

Related Articles

14 Comments

  1. Nudibranch hewan laut imut nan unik ya kak. Sudah ndak bercangkang, hemaprodit, kadang kanibal juga … tapi keelokan warna warninya, bikin penasaran yang belum pernah melihatnya ya,kak Reno ….

  2. Nudibranch ini memang kecil,mungil dan seksi ya. Warna dan bentuknya indah indah. Mereka lihai juga melindungi dirinya sendiri ya.
    Semoga kesadaran untuk melestarikan keanekaragaman biota laut semakin membaik kedepannya.

  3. Nudibranch warnanya unik2 ya kereen gituu.. yaampun mau menentukan jantan betina dari berantem dulu ya.. ah banyak banget info ttg Nudibranch di artikel ini.. makasih kak

  4. Ponyoooo!

    Hmmm… Jadi ngebayangin gimana ya cara berantem nudibranch sebelum nentuin jantan atau betina.

    Btw, nice share! Kamuflase hewan mungil ini hebat sekali. Kecil, cantik, tapi lihai merampok mangsa, hermafrodit, kanibal, tinggalnya di laut yang masih terjaga pula. Luar biasa ya!

Tinggalkan Balasan

Close
Close